Senin, 28 September 2009

Jenis-Jenis Kelinci


Kelinci adalah binatang yang menyusui. Sebenarnya kelinci berasala dari benua eropa, namun kini kelinci juga banyak dijumpai di Indonesia. Kelinci dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Kelinci Liar dan Kelinci Peliharaan.

1. Kelinci Liar

Ada dua jenis kelinci liar yang ada di Indonesia, yaitu Kelinci Jawa dan Kelinci Sumatera.

a. Kelinci Jawa
Kelinci Jawa terdapat di hutan-hutan di Jawa Barat, terutama yang dekat dengan perkebunan teh. Makanannya ; rumput, ranting, akar dan kulit tumbuhan yang masih muda, mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari kelinci lebih suka untuk beristirahat di semak-semak yang lebat.


Kelinci Jawa bulunya berwarna cokelatperunggu agak kehitam-hitaman. Ekor cokelat jingga, tapi akan berubah kehitaman sampai ujung ekornya. Beratnya 2-4 kg setelah dewasa, dan panjang badannya 40-50 cm, panjang ekor 5-8 cm, dan telinga 10-12 cm. Dagingnya enak untuk dimakan, kulit dan bulunya juga bagus untuk bahan kerajinan. Misalnya untuk bahan dompet, tas dan topi. Tapi sayangnya kelinci jawa ini cukup langka.

b. Kelinci Sumatera
Kelinci Sumatera terdapat dihutan pegunungan di Sumatera. Panjang badannya 36-40 cm, warna bulu badan kelabu cokelat kekuning-kuningan dan bergaris tua pada sisinya, dan juga pada kaki depan dan belakangnya. Ekornya pendek (hanya 2 cm saja). Makanannya tumbuhan yang berdaun tebal.



2. Kelinci Peliharaan

Kelinci peliharaan adalah kelinci yang diternakan orang. Biasa disebut dengan kelinci rumahan. Daging kelinci dapat dijual juga dimakan. Jadi, bisa menambah penghasilan keluarga. Daging kelinci mengandung protein zat putih telur. Kelinci yang dipelihara dulunya juga berasal dari kelinci liar juga. Kelinci peliharaan adalah keturunan dari kelinci liar yang berasal dari Afrika Utara dan menyebar ke Eropa Barat. Hamster berasal dari Timur Tengah dan Eropa Tenggara. Mayotitas hamster yang dipelihara sebenarnya berasal dari tiga littermates dan dijinakan (dosmeticated) di tahun 1930. Marmut berasal dari daerah Andes, Amerika Selatan. Tikus peliharaan mungkin berasal dari Asia, seperti Gerbil yang berasal dari Mongolia. Dialam, kelinci benar-benar herbivora. Hamster dan tikus adalah omnivora dan dalam penangkaran mereka mengambil manfaat protein hewani dari makanan mereka.



Ada 3 kelompok kelinci unggul menurut berat badannya, yaitu :
  1. Kelinci kecil ; berat badannya setelah dewasa 2-4 kg.
  2. Kelinci sedang ; berat badannya setelah dewasa 4-6 kg.
  3. Kelinci besar ; berat badannya setelah dewasa bisa mencapai lebih dari 8 kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Free Flame MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com