Selasa, 22 September 2009

Kandang Kelinci

A. Fungsi Kandang Kelinci
Fungsi kandang kelinci adalah :
  • Melindungi kelinci dari cuaca. Baik cuaca panas, hujan, angin, dingin, dsb. Serta mengamankan kelinci dari binatang buas. Misalnya anjing.
  • Memudahkan pengawasan dan pemeliharaan.
  • Membantu pemilihan kelinci, pemberian suntikan dan pencegahan penyakit.
  • Menghemat tempat dan ruangan.
  • Memudahkan dalam membersihkan kandang, kotoran lebih mudah dikumpulkan.
B. Letak Kandang Kelinci
Pilih tempat yang teduh tetapi cukup sinar matahari di pagi hari. Kandang jangan terlalu jauh dari rumah. Jadi, kita tidak sulit menjaganya. Kalu bisa kandang jauh dari keramaian. Jadi, kelinci bisa aman dan tenteram.

http://istanakelinci.files.wordpress.com/2008/07/kandang-01.jpg

"Kandang sebaiknya selalu kering agar tidak menjadi sarang penyakit. Bila lembab, kelinci sangat mudah sekali terkena pilek.

C. Kandang Kelinci Yang Baik

Bahan membuat kandang kelinci cukup sederhana. Kayu, bambu, dan pagar kawat. Pagar kawat bisa dibuat dari bambu. Yang penting kuat, aman dan murah. Kita bisa pula memakai bahan bekas atau bahan yang ada di sekeliling kita.
Kandang sebaiknya ada ventilasi, yaitu jalan keluar masuk udara. Sehingga peredaran udara lancar. Dinding kandangpun harus kuat, tidak roboh oleh angin dan hujan. Bagian depan tak perlu ditutup, cukup dengan jeruji dari belahan bambu. Kulitnya yang keras terletak di dalam. Bila malam, tutup bagian terbuka. Pakailah kain, plastik atau karung goni.
Lantainya bisa dibuat dari bilahan bambu, kawat kasa, bata merah, dll. Ukuran kandang jangan terlalu kecil. Induk kelinci badannya kecil, hanya 2-4 kg. Buatkan kandang dengan panjang 90 cm, lebar 75 cm, tinggi 60 cm. Bila anak sudah besar, dapat langsung dipotong atau dipisah di kandang lain dan bisa juga dijual.
Sediakan juga tempat makan dan sekaligus sarang atau tempat beranak. Tempat makan berfungsi menjaga kandang agar selalu bersih dan bila kelinci lapar ia bisa langsung makan. Ukuran tempat makan sebaiknya sesuai dengan makanannya. Untuk bahan makanan dari rumput, buatlah tempat makanan dari belahan bambu yang dianyam jarang. Bisa uga dibentuk semacam rak atau tempat bersilang. Yang berfungsi juga sebagai tempat batas. Untuk tempat makanan penguat, seperti dedak katul, jagung, bungkil kelapa, ampas kacang atau tahu, maka buatlh dari kota kecil. Manfaatkan kaleng bekas atau mangkok tanah liat.
Untuk tempat beranak, panjang kotak 40 cm, lebar 30 cm, tinggi 30 cm. Atau sesuai jenis kelinci dan kebutuhan. Bisa ditaruh di dalam kandang atau diluar asalkan tenang. Bahannya bisa kotak bekas. Tutup kotak bagian atas dengan rapat. Agar induk kelinci lebih tenteram. Untuk pintu keluar masuk, buatlah lubang dengan panjang 15 cm, lebar 20 cm. Lubag sebaiknya agak tinggi, kira-kira 10-12 cm. Maksudnya agar anak kelinci tidak keluar sarang. Bisa juga dibuat papan penghalang. Jangan lupa lubang udara dan juga lubang saluran air.

"Saat induk kelinci akan melahirkan, sediakan jerami kering di kandang secukupnya. Untuk alas tidur anak kelinci agar hangat. Tapi potong-potong dulu jeraminya atau dilunakkan agar tidak berbahaya untuk anak kelinci".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Free Flame MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com