Senin, 28 September 2009

Makanan Kelinci

A. Bahan Makanan Kelinci
Makanan kelinci biasanya tanaman hijau atau rumput, ada juga yang memberi umbi-umbian, biji-bijian serta dedak. Sebaiknya cari bahan makanan yang ada didaerah sendiri, sehingga tidak sulit untuk mencarinya. Untuk makan hijau, pilih makanan yang cepat tumbuh. Misalnya rumput yang ada dilapangan atau sayuran yang kaya akan vitamin, protein, dan mineral. Misalnya kol, sawi dan kangkung. Bisa juga daun kacang, daun turi, daun kacang panjang, dan daun ketelah rambat. Tapi jangan beri daun ketelah rambat terlalu banyak, karena dapat menyebabkan kelinci sakit perut.




Untuk tanaman hijau dari rumput, pilih rumput yang batangnya lunak dan halus. Jangan beri makanan yang sudah lama tertimbun, Buanglah setiap makanan yang tersisa atau tidak habis dimakan agar kebersihan kandang terjaga dan tidak menjadi sarang penyakit. Untuk makanan pelangkap, beri umbi segar yang banyak airnya. Misalnya umbi rambat, umbi kayu, dll. Rebus dan hancurkan terlebih dahulu. Biji-bijian berguna sebagai makanan penguat, terutama untuk kelinci betina yang sedang mengandung atau menyusui. Misalnya jagung, kedelai, kacang hijau, padi, dan kacang tanah. Makanan tersebut bisa ditumbuk atau digiling, banyaknya 200-300 gr per hari. Bila makanan ini terlalu mahal, berilah dedak katul, bungkil kelapa atau ampas tahu/kacang. Bila sedang musim paceklik, kelinci bisa diberi silo. Silo adalah tumbuhan hijau yang sudah diawetkan. Bahan silo bermacam-macam, misalnya rumput gajah, rumput lapangan yang dipotong-potong dan dikeringkan menjelang berbunga, daun kacang, daun turi, jerami dan batang jagung. Tapi untuk peternakan yang mempunyai 10 induk kelinci maka rumput kering dan silo masih belum diperlukan.



B. Jadwal Makan Kelinci

Kelinci makan makanan hijau 1 kg perhari. Untuk kelinci unggul sendiri ada yang mencapai 1 1/2 kg perhari. Atur waktu makan 2 atau 3 kali, jangan diubah-ubah, karena bisa membuat kelinci mencret. Bagaimanakah jika kelinci sudah mencret??? Berikan kelinci dengan makanan yang banyak serat, misalnya daun buncis atau daun kacang tua. Kelinci adalah binatang malam. Jadi, beri makan kelinci yang banyakl pada sore hari. Sediakan sedikit garam dapur, kelinci sangat suka sekali dengan garam. Letakkan garam pada bak atau tempurung yang terpisah agar kelinci dapat menjilatinya setiap saat. Garam mempunyai banyak mineral, mineral baik untuk menjaga kondisi kelinci agar tetap sehat dan kuat.

1 komentar:

 
Free Flame MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com